Minggu Tak Lepas Kegiatan Kampus

           Proses pembelajaran tidak mengenal waktu, hari minggu biasa momen keluarga mereka tetap aktif dalam perkuliahan. Mengikuti kebutuhan pendidikan menambah referensi atau wawasan melengkapi jenjang kepangkatan sebagai alasan utama meneruskan program pasca sarjana. Hal semacam itu kerap terjadi pada peserta kuliah S2. Jika berlngsung terus mengakibatkan paradigma peserta pasca sarjana kebuntuan dalam pengembangan diri di bidang ilmu yang mereka ikuti. Kemunduran Moral baik pendidik maupun anak didik lebih di dasari dari niatan pertama ketika masuk mencari ilmu selama berproses. Produk gagal dalam pendidikan adalah saat mahasiswa telah menyelesaikan kuliah  tanpa mempunyai life skill yang jelas. Menciptakan mental sebagai agen of change lebih sulit dari pada menciptakan generasi fanatisme dalam satu lembaga atau organisasi. Pembekuan diri berimbas pada individu yang belum mempunyai arah atau tujuan jelas.
            Konsep-konsep paradigma pendidikan yang diterapkan sering kali gagal karena jauh dari kemurnin pencari ilmu, sehingga semua konsep hanya diterima dan di transfer semata-mata kewajiban bukan atas dasar penggilan jiwa. Seperti halnya pendidikan islam yang begitu sempurna tidak mampu mengubah minset anak didik untuk berubah moralnya. Menelusuri hakekat pendidikan di setiap sekolah masih tergolong sedikit bahkan hampir bisa dikatakan barang langka atau aneh. Sebagai mahasiswa dengan gelar magister harus mampu menciptakan pengembangan atau penemuan baru untuk menambah referensi pendidikan nasional. Jika gelar Magister tak mampu mempunyai program pengembangan pendidikan sebagai sumbangsih pendidikan berarti kita hanya terpaku dalam kontek buku yang paten. Katakanlah jika umat islam perbegang pada arti tekstual saja tentunya perkembangan islam tidak seperti sekarang. Islam berkembang karena pengertian secara penalaran atau laogika dalam mengartikan AlQur'an dan AlHadits terus dilakukan.
             Sudah jadi barang basi INSURI merupakan PTAI tertua di Ponorogo, jika tidak mampu untuk mencetak Sarjana Muda dan Magister yang berwawasan islam dengan berkarakter Aswaja berarti suatu kegagalan dalam penerapan sistem pendidikan IAI Sunan Giri. Program Magister di ponorogo saat ini yang teruji baru INSURI dan menjadi pilihan di kawasan Mataraman.
Share this article :

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI