INSURI : Kemandirian KPPM 2013

         Kuliah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai realisasi dalam penerapan keilmuan hasil dari pembelajaran selama di kampus. Kenyataan yang ada tidak bisa di selesaikan dengan teori akan tetapi harus di komunikasikan melalui eksen secara langsung terjun dilapangan. Jika KPPM hanya sebagai persyarat dalam mengakhiri kuliah ditutup dengan sekripsi maka perguruan tinggi gagal membentuk mahasiswanya dalam mencapai empat hal yang meliputi academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill.
          Selama satu bulan mahasiswa fakultas dakwah, fakultas syari'ah dan fakultas tarbiyah di terjunkan langsung kemasyarakat. Kalau dulu program KKN yang konotasinya pada pembangunan atau membawa satu program dari kampus ketempat KKN. Sekarang konsep KKN menjadi PPM atau di IAI Sunan Giri Ponorogo di kenal dengan KPPM ( Kuliah Penelitian Pengabdian Masyarakat ) diaplikasikan dalam bentuk Pemberdayaan Masyarakat atau sistem Posdaya. Akan tetapi masyarakat menangkap KKN masih seperti dulu. Ketika di temui warga yang ketempatan KPPM menganggap masih seperti INSURI tahun1993 an. Dalam konsep KPPM tersebut setiap kelompok mempunyai ciri dan cara pandang berbeda sehingga menimbulkan permasalahan yang berbeda pula. 
          Pada Acara Penutupan setiap desa dan dukuh ditutup dengan Pengajian Akbar dengan neding sebagai konseling keluarga sebagai tindak lanjut tema KPPM. Penutupan bentuk lain untuk seluruh desa diadakan jalan santai hijau dengan maksud sebelum jalan santai diadakan penanaman pohon yang dihadiri Muspika Sukorejro. Camat Sukorejo dalam sambutan jalan santai memhimbau agar selalu diadakan penghijauan karena dengan adanya penghijauan kita sudah mengadakan perbaikan lingkungan. Pada kesempatan berbeda Umat islam di Sukorejo menghendaki suatu sosialisasi arah kiblat yang diadakan atas kerja sama KUA dengan Panitia Negeriku Trampil Bumiku Hijau KPPM 2013.
          Jalan Santai dengan Hadiah utama Kambing dan sumbangan dari Camat Sukorejo TV 14inch ditambah dari donatur berupa hadiah hiburan mulai payung sampai gelas. Sedangkan dari persiapan Sosialisasi dari KUA sukorejo menyiapkan tempat dan KPPM menyiapkan pemateri untuk yang lain dari donatur yang sukarela. Penyerahan Kambing langsung pada pemenang undian jalan santai yang di antar langsung kerumah setelah penutupan KPPM 2013 selesai.
Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI