Ponorogo : Pembentukan Karakter Anak Didik Pada PLH Melalui Lomba Mewarnai

              


Beberapa hari yang lalu tepatnya Sabtu, 18 Mei  2013 di Masjid Agung Ponorogo, diadakan lomba mewarnai dengan tema lingkungan hidup. Menjadi wacana baru dalam mengaplikasikan kepedulian terhadap problem lingkungan yang sedang berkembang, GP ANSOR Ponorogo sebagai pelaksana kegiatan merasa kegiatan tersebut merupakan pendidikan untuk membentuk kreatifitas anak dan pembentukan karakter sejak dini melalui lomba mewarnai. Ketua Pelaksana juga aktifis lingkungan mengatakan Pendidikan sekarang harus bisa mencari terobosan baru dalam pembentukan anak didik yang berkarakter melaui media mewarnai, didalam mewarnai secara langsung seketsa gambar bertema lingkungan akan tersimpan dalam otak. Selama 90 menit dengan daya imajinasi memasukan data sketsa dan mengeluarkan dengan kreasi akan terus teringat sampai waktu lama. Secara tidak sadar dalam pertumbuhn psikologi anak sudah membekas dan tersimpan memori apa yang telah dia lihat dan dilakaukan dalam mewarnai, tidakan selanjutnya memasukan materi PLH yang seharusnya berlangsung pada setiap sekolah. Jika tidak ada tindak lanjut tentunya pendidikan lingkungan hidup tidak berpengaruh dalam lingkungan dimana si anak sekolah dan tinggal.
               PLH pada sekolah sekolah belum maksimal, hal tersebut terjadi tidak adanya komunikasi antar lembaga terkait dengan sekolah baik negeri atau swasta. Program PLH semata-mata hanya milik sekolah negeri di ponorogo, dalam dua tahun team penilai sekolah adiwiyata hanya berkutat pada sekolah sekolah negeri sedangkan sekolah swasta tidak disentuh sedikitpun. Berbeda pada daerah lain program PLH di jalankan pada seluruh sekolah tanpa melihat setatus negeri atau swasta.
               Disela-sela lomba pendamping guru atau wali murid menyatakan baru kali ini lomba mewarnai bertema lingkungan hidup. Salah satu wali murid dari balong mengatakan pendidikan lingkungan hidup penting dan sangat tepat jika terus menerus lomba mewarnai tema lingkungan hidup dengan begitu otomatis psikologi anak terbiasa dengan gambar dan kami juga orang tua tidak harus bersikeras dalam mendidik anak terutama untuk merubah perilaku demi meningkatkan kualitas lingkungan.hrytteammuda
            



Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI