Pola Jagong Hutan PHP sebagai sarana komunikasi mencegah Radikalisasi Agama


Desa Pandak di bawah Gunung Masjid Balong Ponorogo, masyarakatnya memeluk agama islam 100%. Sebagian besar Pemdudukmya sebagai petani, peternak dan perkebunan namun ketika musim kemarau daerah tersebut kekeringan sehingga setiap musim kemarau selalu di suplai air bersih dari bantuan pemda dan pihak swasta.
Pesantren Hutan lahir digagas dari Moch.hariyanto yang aktif sebagai praktisi lingkungan dan Moh. Rifai asli penduduk Pandak. Perjalanan PHP semakin mengarah ketika kunjungan Pengurus Wil Jatim LP2NU di PC.NU Ponorogo sebagai bagian dari kegiatan LP2NU Ponorogo. Pengurus Wil Jatim LP2NU meminta data dan kegiatan yang telah dilaksanakan PHP. Pesamtren Hutan mempunyai dua kegiatan sebagai sarana komunikasi dalam memetakan masalah menggunakan Pola PAR dalam Jagong hutan setiap sabtu malam, sedangkan untuk menyatukan presepsi dalam mencapai tujuan dibekali siraman rohani pada Kenduri hutan setiap selapan sekali.
Bembekalan PHP pada masyarakat ditutut untuk menjadikan masyarakat desa pinggiran hutan sebagai Santri Hutan. Santri Hutan yang mampu dalam menjalan manusia sebagai kholifah bumi, hablum minallah, hablum minannas dan hablum minal alm atau menterjemah islam rahmatan lil 'alamin.
Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI