Budaya Sarana Motivasi Pendidikan

         Selama beberapa dasa warsa arah pendidikan semakin tidak jelas karakter bangsa di masing daerah semkin terkikis. Sistem Pembelajaran dari lingkungan sekolah beragam. Tehonologi informasi semakin cepat di akses. Akan tetapi di perkampungan atau desa terpencil tenaga pendidik masih minim dalam penggabungan sistem pembelajaran. 
       Paradigma baru diperlukan sebagai acuhan dalam perkenalan sistem pembelajaran, akan tetapi dalam sistem lama ( Paradigma lama ) tidak harus ditinggalkan mutlak. Dalam pengajaran perlu banyak fariasi sehingga anak didik tidak bosan malah ketagihan dalam belajar baik di rumah dan dilingkungan sekolah. Tehnik dan metode pembelajaran sekarang di tingkat SD anak didik dan orang tua murid sama sama belajar. akan tetapi ketika sistem berjalan di kampung dan desa terpencil belum siap akan hal itu. Mereka tinggal di pinggiran setiap hari sebagai petani pagi sampai sore.Mereka  di sawah atau di ladang tidak sempat untuk mengajari anaknya kalau sudah sampai rumah capai.
            Anak didik perlu motivasi yang bervariasi sehingga mereka pantang menyerah sampai cita citanya tercapai. Ketika Baksos BEM KM INSURI 2011 di Posko Fak Da'wah yang notaben semua Jurusan Komunikai Penyiaran Islam mendapat sebuah Metode "Budaya sebagai sarana Motivasi pendidikan". Seperti kemarin yang dituturkan mahasiswa Komunikasi Islam INSURI Ponorogo, mereka haus motivasi padahal mereka ibarat singkong masih mempur artinya empuk dan enak untuk diarahkan. Anak sesusia 6 sampai 12 tahun saatnya untuk menggali dan pembentukan karakter, jika tidak pas dalam hal tersebut akan menjadi fatal dan kegagalan dalam mendidik anak.
              Kemajuan informasi sangat medukung sehingga guru sebagai pendamping bukan lagi sebagai penyampai ilmu mutlak. Beban berat bagi si pendidik jika sekarang hanya menyampaikan ilmu tapi tidak ada kedekatan sama si anak didik. Menyampaikan ilmu hanya perlu hapal dan membaca, beratnya menjadi pendaping anak didik untuk membuka otak atau mengubah manset sehingga anak didik mampu mandiri baik dalam proses belajar dan masa akan datang ketika memasuki dunia kerja.

                                                     
Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI