Ayo Menanam Pohon, Sidowayah berupaya Mandiri



Penanaman Pohon tahun kedua di sidowayah disambut warga dengan baik, kesadaran masyarakat akan sebuah penanaman pohon tidak lagi pada nilai materi melain pada manfaat jangka panjang. Ketergantungan air sidowayah pada pasokan ketika musim kemarau harus dipecahkan. Air sebagai sumber kehidupan sebuah kata yang benar adanya. Seorang aktifis lingkungan Hariyanto menjelaskan kepada warga jika satu juta uang anda bisa apa dalam satu bulan tentunya 1juta rupiah kalau untuk hidup satu keluarga cukup tapi untuk satu lingkungan hidup sebulan tentu sangatlah kurang. Berbeda dengan 1juta liter untuk satu kampong sidowayah tentu mereka bisa hidup makan dan minum, bercocok tanam mengembangkan pertanian dan pengembangan peternakan serta perikanan. Meneurut beliau minset warga harus diubah melalui sebuah perbandingan manfaat dari pada memanjakan bantuan atau menggandakan proposal.
Dengan ketersediaan air yang berkecukupan selama satu tahun penuh, bagi masyarakat tentu mudah mengembangkan pemberdayaan untuk pencapaian kemandirian dirinya. Kita bersama team dari KOLAM, KAPAL, KSM Sekar Putih dan SMF Dakwah INSURI bersikeras menyelesaikan ketertabatasan air menjadi swa air dibeberapa titik wilayah ponorogo sebagai percontohan. Setelah air melimpah selama setahun penuh mau berbuat apa saja tentu mudah. Menjadikan masyarakat untuk produksi sehingga tidak sebagai obyek produksi.
Tepat pukul 07.30 dari lokasi posko menuju lokasi tanam para peserta Penanaman Pohon diberangkatkan. Peserta penanaman pohon dari sekolah MTSN Babadan 50 siswa-siswi, SMPN1 Atap Jambon 45 siswa-siswi dan MI Krebet 30 siswa serta dibantu warga sejumlah 30 warga. Hari yang mendung seakan mendukung acara penanaman pohon berlangsung hingga peserta tidak kepanasan dan bahkan target penanaman sehariiusnya selesai pukul 12.00 ternyata dua jam sebelumnya telah selesai penanaman. Satu jam pembekalan PLH pada semua peserta Penanaman Pohon sebelum mereka pulang kerumah masing masing. Materi disampaikan dari Hariyanto perwakilan pelaksana dan juga sebagai Koordinator KAPAL JATIM Kab. Ponorogo yang sekarang setiap harinya selaku pengelola TPST 3R Tonatan.
Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI