Jurusan Komunikasi Gak Penting….Baca Dulu Artikel berikut

MUDALINK, Jurusan ilmu komunikasi ini sering banget di anggap remeh sama orang-orang, apalagi orang Indonesia. Kedengerannya kok kurang pinter dan yah…jurusan cuma buat main-main..katanya. Saya pernah denger ada yang bilang, “Alah…buang-buang duit dan buang tenaga aja kalo kuliah ambil jurusan komunikasi,” sambil mencibir ke arah saya. Waktu itu kita lagi diskusi soal jurusan mana yang bagus dan enggak buat di ambil. Belum lagi jurusan komunikasi yang di anggap hanya untuk anak “buangan” yang gak diterima di jurusan ekonomi, kedokteran, dan jurusan lain yang biasanya di banggakan. Ada juga yang berpikiran kalo seseorang ambil jurusan komunikasi hanya untuk anak yang pengen main selama kuliah dan gampang dapet gelar, gak usah susah payah kerja keras belajar juga bisa lulus.
Jujur sebelum saya pindah jurusan dari International Business and Marketing beberapa tahun yang lalu, saya bisa dibilang sama aja dengan orang diluar sana yang ngejudge kalo jurusan komunikasi itu gampang dan gak penting. Buat apa sih komunikasi di pelajari segala? Lagian juga apa yang mau dipelajari dari ilmu komunikasi?
Setelah saya berpikir lama dan merenungkan, barulah saya menyadari kalau talent saya ini ada di jurusan komunikasi, yang sebenernya emang cocok sama saya yang doyan cas cis cus hehe. Gak hanya karena doyan ngomong sih, tapi saya sebenernya suka banget sama nulis dan semua hal yang berbau ilmu komunikasi. Banyak banget pelajaran berharga yang saya dapati selama saya belajar ilmu komunikasi dengan jurusan Public Relation and Event Management. Mulai dari semakin berani buat presentasi (komunikasi banyak banget, pake banget disuruh maju kedepan buat presentasi), mengemukakan pendapat dalam diskusi, menulis yang benar, sampe belajar merangkai bunga dan buat website juga ada loh di jurusan saya ini!
Lagipula, media itu bisa banget ngeshape dan mempengaruhi pemikiran seseorang. Dari belajar komunikasi, saya jadi lebih hati-hati sebelum nelen informasi dari media di luar sana. Karena saya belajar dibalik semua itu apa sih sebenernya yang terjadi. Ditambah dengan penggunaan social media di Indonesia yang terbilang sangat besar malah justru ngebuat media ini riskan banget buat masyarakat. Bisa aja semua di telen bulet-bulet tanpa tau itu bener apa enggak atau dari source yang terpercaya. Belom lagi info di luar sana yang seringnya ngaco bikin orang yang gak hati-hati bisa keceblos dalam kebohongan media.
Balik lagi ke jurusan ilmu komunikasi yang dianggap remeh, gak penting, dan cuma buat main-main aja. Buat om, tante, temen-temen semua yang suka memandang saya sebelah mata karena saya pindah dari bisnis ke komunikasi atau yang setiap saya bilang saya anak komunikasi trus dengan nada merendahkan bilang, “oh…komunikasi..”, saya mau bilang kalo ilmu komunikasi itu sama pentingnya dengan ilmu kedokteran dan ilmu lainny.......(selengkapnya)
Share this article :

Post a Comment

Space Iklan

Space Iklan
 
Layout : Bambang Indrayana
Copyright © 2011. MUDA NEWS Online - All Rights Reserved
Redaksi MUDA Online Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Proudly powered by Team KPI